Blogger Widgets

multimedia


 STORYBOARD



Tau gak sih apa storyboard itu ?????

Storyboard adalah kolom teks,audio dan visualisasi dengan keterangan mengenai content dan visualisasi yang digunakan untuk produksi sebuah course.
Storyboard merupakan konsep komunikasi dan ungkapan kreatif,teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasaranya. storyboarg juga tidak terbatas pada pembuatan iklan saja karena produksi game ,cd multimedia e-learning pun menggunakan storyboard

Konsep Strategi dan Proses  Perancangan Grafis

  1. materi pembelajaran dan pesan apa yang akan disampaikan 
  2. Apa saja jenis dan cakupan materi pembelajaran 
  3. Apa keunggulannya dan bagaimana membawakannya
  4. Kepada siapa materi tersebut diperuntukkan 
  5. Bagaimana cara pendekatan dengan audience
  6. Apa peluang dan target dari pembelajaran tersebut 
  7. Pendekatan komunikasi dan kreatif apa yang tepat untuk itu
STRATEGI
Strategi diperlukan dalam upaya proses menyampaikan pesan secara efektif dan efisien.
Cara yang biasa dipergunakan yaitu :
1. Merancang Strategi Komunikasi
2. Menyusun Strategi Kreatif

PROSES PERANCANGAN

Proses perancangan selalu dimulai dengan penelitian yaitu:
1 Scanning, data collecting/pengumpulan data, sebagai bahan dasar untuk
dianalisa. Data berupa data tertulis (verbal), dan data gambar (visual), atau data
lainnya seperti suara (audio), data teraba (bentuk 3 dimensi)

2. Formulasi, data dasar dianalisa untuk proses pemilahan, pengelompokkan (klasifikasi), lalu dirumuskan. Hasil rumusan tersebut merupakan bahan penyusunan :
  •  Konsep Umum, lebih ditekankan pada konsep komunikasinya
  •  Konsep Kreatif, lebih ditekankan pada konsep kreatifnya.
3. Implementasi
Adalah perwujudan visual (visualisasi) kreatif ke dalam media yang telah dipilih berdasar pada kesesuaian dengan visi, misi, maksud,tujuan, sasaran pesan agar efisien, efektif, komunikatif serta keindahannya. Pada proses implementasi ini diperlukan strategi serta pemikiran proses produksi media dan penerapan pada media serta penyebarannya, serta pemasangan di lokasi yang tepat (strategis).

4. Biasanya dilakukan pretest (uji coba sebelum storyboard akan di tulis dan dituangkan dalam bentuk visual dan audio.

Yang harus diperhatikan setiap kali menyerahkan storyboard pada setiap tahap
 
1. Apakah struktur content sudah sesuai dengan ekspektasi SME
2. Apakah content setiap page sudah merepresentasikan tujuan pembelajaran
dari SME
3. Apakah kolom content sudah typo error free dan gramatical error free
4. Content mudah dipahami dan dipelajari
5. Ide visualisasi sudah merepresentasikan pesan yang ingin disampaikan
6. Kesesuaian kolom content, audio dan visual
7. Apakah semua modul dalam satu course sudah konsisten sesuai standard yang
disepakati, seperti jumlah page, feedbacknya, assesment
8. Setiap perubahan harus dicatat dan disimpan dengan penamaan file berdasarkan
tanggal agar control version bisa diketahui.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar